Tertampar (!)

udah lama ga ngepost abis sibuk belajar hem boong deng abisan gue ga punya sesuatu yg enak untuk dipostingin atau lebih tepatnya saya tidak mau nyampah di dasbor kalian dgn membuat postingan yg sangat tidak bermutu u___U (berarti kali ini postingannya bagus nih ga nyampah amin deh).

JADI, gue baru aja mengkhatamkan novel negeri 5 menara hasil pinjaman thithi (pinjaman ya PINJAMAN). ada satu bagian yg mmmmm gimana ya rada2 agak menampar gue gitu deh (asik menampar).

ada satu tokoh di novel ini namanya baso (orang ya ini namanya beneran baso bukan makanan kok -.-). dia tuh masuk pesantren gara2 punya tekad pengen jadi hafiz --penghapal alquran. well, mengingat alquran itu ada 30 juz, 114 surat dan 6666 ayat jadi gue agak2 takjub dan kagum gitu sama ini orang (berasa kenal). baso ini tuh pinter dan rajin bgt. sangat rajin. ya pokoknya ga gue bgt deh eseseses. dia selalu dpt nilai tertinggi diantara teman2nya yg lain. jadi suatu hari itu dia galau gitu deh diem mulu bahkan dia yg biasanya kmn2 selalu bawa buku dan belajar hari itu jd males ngapa2in terus tampangnya lesu gitu. ternyata dia lg punya masalah. dia dpt kabar kalo neneknya, satu-satunya kerabat yg dia punya, jatuh sakit. terjadilah perang batin di dalam dirinya. dia harus milih antara pulang ke kampung dan ngurus neneknya atau tetep ngelanjutin sekolah di pondok sampe dia lulus dan itu tinggal beberapa bulan lg. dan akhirnya dengan segala kemantapan hati dia memilih untuk pulang ke kampungnya untuk ngerawat orang yg selama ini udh ngerawat dia dr kecil. TUHKAN GUE JD NGALOR NGIDUL CERITANYA. daritadi gue ga nyeritain apa yg bikin gue tertampar dr cerita kehidupan si baso ini.

baso ini yatim piatu. orang tuanya meninggal sejak dia masih bayi. bahkan dia ga pernah sekalipun ngeliat gimana tampang orangtuanya. dia cuma punya foto orangtuanya pas mereka masih muda yg selalu dia bawa kemana-mana. dari kecil dia dirawat sama neneknya. dan dengan alasan ingin berbakti sama neneknyalah dia akhirnya memutuskan untung pulang kampung dan ga nerusin belajar di pondok sampe tamat. selalu ada jalan buat setiap orang yang punya niat mulia. walaupun baso pulang kampung dan ga nerusin belajar di pondok which is dia ga bisa belajar ngapal alquran lg, di kampungnya dia ditawarin jadi guru di madrasah yg khusus mempelajari ilmu manghapal alquran dan dipimpin sama seorang hafiz yg terkenal. JADI, walaupun baso gabisa ngelanjutin belajar ngapal quran di pondok, dia bisa tetep belajar bahkan langsung dr sang ahli!

aduh terus apa yg bikin gue merasa tertampar ~____~

pernah ga sih terlintas di otak lo gimana caranya ngapal ayat2 yg ada di alquran yg jumlahnya ada 6000an lebih gitu? baso, dengan tekad yg sangat bulat yakin kalo dia bisa jd hafiz. tujuannya cuma satu. dia pernah denger sebuah hadis yg bilang kalo anak yg hapal al quran itu, orangtuanya bakal dapet jubah kemuliaan di akhirat nanti. keselamatan akhirat. dan baso ngerasa cuma itu satu2nya cara bales kebaikan kedua orang tuanya, pengabdian baso ke orangtuanya YANG BAHKAN CUMA PERNAH DIA LIAT DARI FOTO YG UDAH USANG GITU. meeeen, nyesek ga sih lo bacanya. baso yg ga pernah ngeliat tampang orangtuanya aja rela masuk pondok dengan segala kedisiplinan yg mengikat demi bisa jadi hafiz untuk ngabdi sama orangtuanya. nah gue? GUE? yg punya orang tua masih lengkap aja masih males2an kalo belajar. gue baru sadar ya sumpah selama ini tuh gue cuma ngomong doang, no action talk only.

mana dul yg katanya lo mau rajin belajar biar bisa banggain orang tua
mana dul yg katanya lo mau rajin belajar gara2 gaenak sama orangtua lo gara2 udah bayar sekolah mahal2
MANA BUKTINYA??

ah sumpah ya gue langsung sedih dan.... ehem, nangis pas baca cerita ttg si baso ini. bener2 ngingetin gue bgt sama ucapan2 gue di atas. ternyata semuanya omong kosong ya huh dosa banget gue.

lesson learned : jangan banyak omong, yg penting buktiin kalo emg lo pengen bener2 berbakti sama orangtua lo. liat tuh baso, dia mau susah2 masuk pesantren ngapal quran biar bisa ngabdi sama orangtuanya yg tampangnya aja dia ga pernah liat.

semoga ini bisa jadi cambuk buat kita semua yaaa AMIIIIIIN!

p.s : beneran ga nyampah kan postingan gue kali ini -_-

0 COMMENT: